Inilah 4 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Inilah 4 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima – Untuk anda yang ingin mesin mobil kebanggaan anda supaya dalam kondisi yang sehat dan baik, sebaiknya anda harus merawat secara rutin dan berkala. Hanya saja tidak banyak orang yang mempunyai waktu yang senggang maupun kebiasaan merawat mesin secara keseluruhan dan harus detail. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bagian komponen mesin yang memang sudah waktunya di perhatikan supaya kondisi mobil ini tetap di keadaan prima maupun tidak cepat rusak dan aus.

Inilah 4 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima

Cara Merawat Mesin Mobil

Hal yang satu ini tidak hanya mobil second saja yang memerlukan perawatan dan perhatian khusus, bisa juga mobil yang baru anda beli perlu anda rawat secara rutin dan menyeluruh dengan detail, perawatan ini juga bisa di terapkan pada mobil jenis matic maupun jenis manual. Untuk itu kami akan mengulas cara yang sederhana dalam merawat mesin mobil yang bisa anda lakukan sendiri saat ada di rumah, salah satunya seperti mengganti oli secara berkala, lalu mengecek filter udara atau saringan udara, dan yang lainnya untuk anda mencoba di rumah sendiri, simak juga selengkapnya berikut ini.

 

Tips Merawat Mesin Mobil Yang Benar.

1. Yang paling utama yaitu mengganti oli secara berkala.

Tenaga yang di hasilkan mesin mobil tersebut tertuju pada tahap perawatan yang satu ini, supaya kondisi mesin yang tetap prima, sebaiknya anda lakukan penggantian oli mesin secara teratur sesuai standar yang telah di tentukan oleh perusahaan dari mobil tersebut. Hanya saja pada umumnya dengan ganti oli mesin bisa di lakukan setiap 3000 km hingga 500 km sekali.

Sebaiknya saat memilih oli mesin yang sesuai dengan standar mesin karena dapat mengurangi mesin cepat panas dan mencegah kerusakan maupun aus pada komponen yang ada di dalamnya. Untuk itu oli juga bisa mencegah terjadinya gesekan dan benturan pada komponen di dalam mesin pada saat mobil di hidupkan.

2. Untuk yang kedua yaitu mengecek air radiator atau coolant.

Untuk itu komponen yang satu ini bisa di sebut mempunyai peranan yang penting dalam menjaga suhu mesin mobil. Yang di mana dengan air di dalam radiator kosong tak hanya akan menjadikan mesin rusak hanya saja bisa membuat keamanan dan kenyamanan pengendara menjadi terganggu. Karena hal ini bisa menyebabkan mesin menjadi panas maupun yang di katakan dengan overheat. Untuk itu jika sudah mengetahui peran penting pada radiator mesin mobil, sekarang anda jangan sampai lupa dalam mengecek air radiator, untuk itu jangan sampai kehabisan maupun kosong.

3. Lalu yang ketiga yaitu membersihkan komponen filter kaeburasi.

Jika anda sering menemukan saat menyalakan mesin mobil yang susah, hal ini sering timbul karena adanya kekurangan dalam masalah pengecekan pada bagian filter karburasi. Biasanya filter karburasi yang kotor karena jarang di cek tentu akan mengakibatkan masalah yang cukup merepotkan seperti susahnya mesin di hidupkan. Lalu komponen ini di bersihkan dengan sikat gigi supaya kotoran serta kerak yang melekat bisa hilang. Sebaiknya saat membersihkan filter karburasi ini, jangan menggunakan hairdrayer atau juga comperssor karena bisa mengakibatkan kerusakan pada filter karburasi tersebut.

4. Setelah itu dapur pacu pada mobil anda.

Jika anda mempunyai mobil yang sudah bekas maupun penggunaan yang cukup lama, tentunya akan menghasilkan kotoran atau juga kerak di beberapa komponen mesin itu. Cara mengatasinya juga cukup mudah, caranya yaitu cukup dengan menginjak pedal gas dalam-dalam supaya kerak itu sendiri  masuk ke saluran knalpot dan terbuang. Hanya saja anda tetap harus mengutamakan keselamatan saat mengemudi pada mobil di pacu dengan kecepatan yang tinggi.

Baca juga artikel lainnya : Cara Mudah Melepas dan Memasang Rantai Keteng Motor

Itulah informasi yang kami berikan untuk anda semua mengenai cara mudah merawat mesin mobil. Semoga bahasan kali ini ada manfaatnya untuk anda semua. Terima kasih.

Inilah 4 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Prima | persib | 4.5