Cara Mudah Memperbaiki Rem Tromol Kurang Pakem dan Berdecit

13 views

Rem tromol harus selalu dicek dan diberi perawatan khusus agar tetap awet meski digunakan lama. Selain awet, rem tromol yang terawat juga akan terhindar dari berbagai permasalahan. Adapun kendala yang seringkali terjadi pada rem tromol tersebut ialah rem kurang pakem.

Selain karena kurang perawatan, rem tromol yang kurang pakem ini disebabkan oleh banyak hal. Ketika anda dihadapkan dengan masalah ini, anda harus segera mengatasinya. Untuk mengetahui caranya, simak saja ulasan mengenai cara mudah memperbaiki rem tromol kurang pakem berikut ini.

Cara Memperbaiki Rem Tromol Kurang Pakem

Berikut ini adalah beberapa cara mudah memperbaiki rem tromol kurang pakem selengkapnya untuk anda.

  1. Jika sistem rem dirasa kurang pakem, anda harus mengganti kampas atau prodo rem dengan part yang baru. Gunakan part atau onderdil berkualitas bagus dan original supaya awet atau tahan lama .
  2. Jika kampas atau prodo rem masih tebal, anda bisa menggunakan amplas untuk menghilangkan bagian kerasnya. Biasanya, bagian luar bergesekan dengan bagian tromol sehingga membuatnya licin. Untuk itu, gunakan amplas kasar hingga kampas rem tersebut membentuk bidang baru. Bersihkan juga tromol dari debu yang menempel. Caranya dengan mengampelas tromol.
  3. Ubah tuas rem pada tromol dengan cara memanjangkan atau menggantinya. Jika pada sistem pengereman anda memakai step underbone, maka bagian depan harus lebih panjang daripada bagian belakang. Apabila kurang pakem, anda juga dapat memanjangkan bagian depannya ataupun memendekkan bagian belakangnya.
  4. Memperbaiki rem tromol kurang pakem dengan cara mengolesi kampas rem menggunakan sabun colek atau sabun cuci. Hal ini juga dilakukan pada bagian tromol.

Setelah mengetahui berbagai cara mengatasi tromol aus, ada baiknya jika anda juga mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, anda dapat lebih teliti dan berhati-hati agar tidak mengalami masalah serupa. Langsung saja, berikut ulasan mengenai penyebab rem tromol tidak pakem untuk anda.

  • Penyetelan handle atau tuas rem tidak tepat.
  • Kanvas rem kotor.
  • Kanvas atau sepatu rem aus.
  • Pemasangan lengan rem atau cam rem tidak benar.

Selain rem kurang pakem, rem tromol motor seringkali juga mengalami masalah berdecit. Masalah rem tromol motor mengeluarkan bunyi berdecit ini disebabkan oleh banyak hal. Untuk info lebih lengkapnya, langsung saja simak penyebab dan cara mengatasi rem tromol motor bunyi berdecit berikut ini.

  • Kampas rem kotor. Bukalah bagian kampas rem yang berdecit dan bersihkan menggunakan amplas. Gosok secara perlahan saja. Jangan gosok terlalu lama.
  • Kampas rem tipis. Gesekan antara logam kampas rem dengan disc brake (piringan) menimbulkan suara decitan. Anda harus mengganti kampas rem yang sudah tipis tersebut.
  • Kampas rem terkontaminasi. Sebaiknya anda ganti kampas rem tersebut dengan yang baru. Tak hanya menghilangkan suara decitan, namun juga dapat menghilangkan kesan jelek karena terlihat gosong.
  • Kampas rem selip. Anda ganti kampas rem tersebut dengan yang baru. Untuk pengendara berilah jarak bebas di tuas rem dengan standar sekitar 10-20 ml.

Rem tromol yang kurang pakem sangat berbahaya jika terus digunakan. Anda harus memperbaiki rem tromol tersebut dengan segera. Cara mengatasi rem tromol yang kurang pakem ini telah kami ulas secara jelas pada ulasan di atas. Sekian ulasan mengenai cara mudah memperbaiki rem tromol kurang pakem. Semoga bermanfaat dan kiranya dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah rem tromol kurang pakem.

Gallery for Cara Mudah Memperbaiki Rem Tromol Kurang Pakem dan Berdecit