Cara Mudah Memperbaiki Coil pada Sepeda Motor yang Bermasalah

87 views

Tegangan aki dapat dinaikkan dengan coil atau koil. Keluaran tegangan dari aki motor hanya berkisar 12 volt saja. Akan tetapi, setelah masuk ke koil, tegangan aki tersebut naik menjadi 18.000 volt. Tegangan ini nantinya akan disalurkan ke busi motor sebagai bagian dari proses pematikan pada ruang bakar motor. Koil memang memiliki peranan yang sangat penting.

Oleh karena itu, koil harus selalu dalam kondisi yang baik. Namun apa jadinya jika koil sudah mengalami kerusakan? Tentunya anda harus segera memperbaikinya. Bagaimana memperbaikinya? Langsung saja anda simak cara mudah memperbaiki coil pada sepeda motor berikut ini.

Cara Memperbaiki Coil Motor

Apabila koil anda rusak, anda tak perlu bingung tentang cara memperbaikinya. Dibawah ini adalah cara mudah memperbaiki coil pada sepeda motor selengkapnya untuk anda.

  1. Supaya koil tetap dingin, maka anda bungkus coil tersebut menggunakan kain basah. Cara yang satu ini akan cukup efektif apabila menggunakan motor dengan jarak yang dekat. Sementara, apabila motor tersebut akan digunakan untuk menempuh jarak cukup jauh, maka anda jangan lupa untuk menyediakan stok air yang banyak.
  2. Cara lainnya yaitu anda juga bisa merapatkan celah busi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat arus yang masuk ke busi.
  3. Memastikan komponen-komponen yang terpasang sebelum koil bekerja dengan normal.

Ciri Koil Motor Bermasalah

Sebelum anda benar-benar melakukan perbaikan koil pada sepeda motor tersebut, anda harus mengenali ciri-ciri koil motor yang bermasalah atau lemah. Untuk itu, simak ciri koil motor lemah berikut ini.

  • Part busi memiliki umur lebih pendek dari umur standart. Meski mengganti busi dengan yang baru, busi tersebut akan tetap cepat mati atau rusak.
  • Penggunaan motor untuk menempuh jarak yang cukup jauh dan menyebabkan suhu mesin menjadi panas, maka biasanya motor akan brebet. Akan tetapi, jika motor digunakan untuk menempuh jarak yang normal dengan kondisi suhu mesin masih dingin, maka motor akan berjalan dengan normal.
  • Selain membuat motor brebet, kondisi mesin motor yang terlalu panas dan dipaksakan terus akan membuat mesin motor mati. Akan tetapi, jika kondisi mesin motor telah dingin, mesin motor akan menjadi normal kembali.
  • Terjadi pengurangan jarak ketika dilakukan pengecekan loncatan arus listrik dari kabel busi.

Penting untuk anda ketahui juga penyebab koil motor bocor supaya anda melakukan perawatan yang maksimal dan tepat. Berikut ulasannya.

  • Koil motor yang bocor disebabkan oleh konektor. Listrik loncat mencari kutub terdekat yang mempunyai beda potensial besar ke ground/body. Semakin dekat hubungan ke ground, maka listrik loncat akan semakin menjadi-jadi. Jadi loncatan bunga api di koil seringkali disebabkan kabel busi putus atau busi mati.

Ketika anda mengalami koil motor yang bocor, anda harus segera mengatasinya. Berikut cara mengatasi koil bocor dengan mudah.

  1. Cek busi. Apakah busi rusak atau sudah mati.
  2. Cek kabel busi. Anda ukur hambatan kabel busi yang seringkali putus. Salah satu besar tahanan tidak diperbolehkan lebih dari 16 kilo ohm.
  3. Anda cek arah rotor. Cek posisi top serta timing.
  4. Koil retak, anda ganti dengan yang baru dan original.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mudah memperbaiki coil pada sepeda motor yang bermasalah. Cara memperbaikinya mudah dan simple untuk dipraktekkan. Tak perlu keahlian khusus, anda sudah dapat memperbaiki coil pada sepeda motor sendiri di rumah. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda. Bagi anda yang sedang mengalami kerusakan koil, semoga berhasil memperbaikinya dengan tips-tips tersebut.