Cara Mudah Melepas dan Memasang Rantai Keteng Motor

Cara Mudah Melepas dan Memasang Rantai Keteng Motor – Mungkin untuk motor sekarang ini dengan langkah toris 4 tak sudah menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol maupun yang di sebut dengan kruck as pada blok mesin dengan noken as pada kop silinder, namun ada juga yang menggunakan push rod, salah satunya yaitu motor Honda CG. Oleh karena itu untuk pemasangan rantai keteng ini haru benar-benar di perhatikan. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tips memasang dan melepas rantai keteng.

1. Cara Melepas Rantai Keteng Pada Sepeda Motor

Untuk langkah yang pertama yaitu mesin harus di topkan terlebih dahulu, selain itu untuk anda yang ingin tahu bagai mana caranya simak ulasan berikut ini. Lalu anda harus memutar magnet ke kiri sebanyak dua putaran, sebaiknya untuk mempermudah cara kerjanya yaitu anda melihat tanda top yang harus di buka adalah :

  • Terlebih dahulu buka tutup tanda top pada blok magnit, kemudian ada tulisan T pada magnit, tulisan itu harus sejajar dengan garis maupun pada blok magnit.
  • Kemudian buka tutup gigi atau juga yang di sebut dengan gear timing pada kop silinder, lalu tanda titik pada gear harus sejajar dengan coakan pada kop silinder.
  • Setelah itu buka klep, pada posisi top kedua roker arm arau temlar harus netral dan tidak menekan klep.
Cara Mudah Melepas dan Memasang Rantai Keteng Motor

Rantai Keteng

Tips Melepas dan Memasang Rantai Keteng dengan Aman.

2. Cara Memasang Rantai Keteng Pada Sepeda Motor.

Mungkin untuk langkah yang pertama saat memasang rantai kereng yang perlu di perhatikan yaitu pada posisi top mesin tidak berubah. Kemudian setelah pemasangan rantai keteng selesai, langkah yang kedua yaitu anda cek setelan klep dan jika perlu anda setel klepnya. Selain itu juga untuk pemasangan rantai keteng yang tidak pas atau juga tidak sesuai dengan rekomendasi pada topnya mesin akan susah di hidupkan, jika bisa di hidupkan akan berebet atau juga tidak normal.

Lebih parahnya klep akan mengalami bengkok. Oleh karena itu pada langkah atau juga proses pemasangan rantai keteng ini harus lebih teliti lagi. Hanya saja hal ini terjadi pada motor anda maka harus mengeluarkan biaya untuk membeli klep yang baru dan juga membayar pada mekanik bengkel karena sudah di pasang klepnya oleh mereka. Oleh sebab itu saat pemasangan rantai keteng harus sangat di perhatikan, lalu jangan sampai anda memasangnya dengan asal saja karena akan mengakibatkan fatal bagi motor anda.

Sedangkan untuk lebih jelasnya lagi, coba anda membuka busi dan cek apakah piston berada di atas TMA (Titik Mati Atas), pada keberadaan top piston harus berada di TMA. Setelah anda sudah yakin mesin dalam keadaan posisi top, maka dari itu anda harus melepas bak magnit, gear starter dan juga komponen yang lainnya, yang berada di bagian blok magnit. Kemudian anda lepas baut gear timing pada klop silinder, dan lepas penekan rantai keteng atau otomtis timing. Jika semuanya sudah di lakukan baru anda bisa melepas rantai ketengnya.

Baca juga artikel lainnya : Cara Memperbaiki Lampu Sein Vixion Yang Patah Dengan Mudah

Itulah pembahasan kali ini mengenai cara memasang dan melepas rantai keteng dengan aman, semoga bahasan kali ini ada manfaatnya untuk anda semua. Terima kasih.



Tag : cara memasang rantai keteng motor miocara ganti rantai keteng mio tanpa belah mesincara ganti rantai keteng miocara memasang rantai keteng suzuki smashcara ganti keteng mio tanpa belah mesinbongkar pasang rantai keteng miocara mengganti rantai keteng miocara ganti keteng miocara memasang rantai keteng miocara ganti rantai keteng smash
Cara Mudah Melepas dan Memasang Rantai Keteng Motor | admin | 4.5
error: Content is protected !!