Cara Memperbesar Pengapian Coil di Motor Mudah dan Cepat

14 views

Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara menggunakan motor dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya ialah normalnya pengapian coil. Sistem pengapian coil yang normal tentu membuat motor yang anda gunakan terasa enak dan lancar.

Agar motor semakin bertenaga, banyak orang yang menaikkan kapasitas pengapiannya. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kapasitor. Cara memperbesar pengapian motor dengan kapasitor ini cukup mudah. Untuk bisa mempraktekkannya, anda simak saja cara memperbesar pengapian coil di motor mudah dibawah ini.

Cara Memperbesar Pengapian Coil Motor

Kapasitor merupakan benda elektronik yang biasanya ada di televisi, tape, radio, dan benda elektronik lainnya. Benda ini memiliki bentuknya seperti kabel kunci yang mempunyai dua kaki dan tiap kakinya berbeda-beda. Ada kaki yang panjang dan ada juga kaki yang pendek. Kaki yang panjang membawa daya positif (+), sedangkan kaki pendeknya mengusung daya negatif (-). Berikut ini adalah cara memperbesar pengapian coil di motor mudah yang kami bagikan selengkapnya untuk anda.

  1. Menyambungkan kapasitor dari kabel CDI ke coil.
  2. Sambungkan kaki negatif (-) ke kabel CDI (biasanya menuju ke koil), sedangkan kaki positif (+) mengantar arus dari kapasitor ke koil.

Apabila anda masih bingung dengan cara di atas, berikut kami berikan contoh memperbesar pengapian pada motor RX King. Langsung saja anda simak cara memperbesar pengapian motor RX King dibawah ini.

  • Pada motor RX King, kabel dari CDI menuju ke arah coil biasanya hadir dengan warna orange.
  • Setelah da mencermati hal tersebut, anda selanjutnya memindahkan arus dari kabel CDI tersebut ke arah kaki kapasitor yang membawa daya negatif.
  • Sementara untuk kapasitor kaki yang berdaya positif diteruskan arusnya menuju ke coil.
  • Untuk menyambungkan arus tersebut, anda potong saja kabel orange.
  • Setelah itu, anda sambungkan potongan kabel orange tersebut ke kaki negatif.
  • Setelah berhasil tersambung dengan sempurna, anda sudah selesai memperbesar pengapian pada motor RX King.

Selain pada coil sepeda motor, anda dapat menaikkan pengapian pada bagian businya. Berikut cara memperbesar pengapian pada busi selengkapnya.

  • Siapkan alat dan bahannya, yakni gergaji besi, tembaga/serabut kabel antena tv, dan plastic steel.
  • Lepas cop busi motor lalu potong leher cop busi anda.
  • Setelah terpotong, anda akan menemukan sebuah potongan besi. Besi ini berperan sebagai penghambat yang menahan besarnya listrik dari coil supaya frekuensi listrik yang besar tidak mengganggu perangkat elektronik seperti halnya tv, dan lain-lain.
  • Copot besi tersebut dan gantilah dengan tembaga/serat kabel antena tv ke dalam lubang tempat besi tadi. Pastikan tembaga/serat kabel menyentuh bagian dalam terbawah dan bagian dalam teratas lubang busi tadi. Jika tidak, aliran listrik tidak akan tersalur.
  • Kemudian anda satukan lagi leher cop busi yang tadi anda potong serta tambal dengan plastic steel. Anda tunggu hingga kering dan coba pasangkan. Anda lihat apakah terjadi peningkatan percikan api busi, caranya dengan menempelkannya pada blok mesin serta engkol.
  • Anda telah berhasil memperbesar pengapian pada busi tersebut.

 

Meningkatkan pengapian coil motor sangat mudah dilakukan asalkan anda mencermati ulasan di atas dengan teliti. Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memperbesar pengapian motor tersebut. Dengan cara yang sederhana, motor anda akan lebih bertenaga.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbesar pengapian coil di motor mudah. Semoga bermanfaat untuk anda yang menginginkan motor menjadi lebih prima.

Gallery for Cara Memperbesar Pengapian Coil di Motor Mudah dan Cepat