Cara Memperbaiki Starter Motor yang Rusak Mudah Untuk Pemula

28 views

Starter berperan sebagai pemutar poros engkol atau fly wheel pertama kali sehingga mesin motor dapat dihidupkan. Dengan menggunakan starter ini, maka menghidupkan motor akan menjadi lebih efisien. Namun, seringkali starter motor mengalami kerusakan akibat jarang diberikan perawatan. Agar masalah tidak berlarut-larut, anda harus segera mengatasinya. Untuk anda yang ingin mengetahui caranya, simak saja cara memperbaiki starter motor yang rusak mudah dibawah ini.

Cara Memperbaiki Starter Motor yang Rusak

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah
Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah

Berikut ini adalah cara memperbaiki starter motor yang rusak mudah selengkapnya untuk anda.

1. Cek Baterai (Aki)

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ketika menghadapi kerusakan starter motor ialah dengan mengecek akinya. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan alat avo meter (multimeter). Alat tersebut berfungsi untuk mengetahui besarnya tegangan baterai yang disuplai. Jika hasil tes power bateri menunjukkan angka 12 volt ke atas, maka baterai dapat disebutkan aman. Namun jika angka hasil tesnya dibawah 12 volt, maka dapat dikatakan baterai telah rusak atau low.

2. Cek Rangkaian Starter

Cek rangkaian starer mulai dari jalur kabel starter motor hingga socket. Untuk mengeceknya, anda gunakan multimeter. Jika ada kabel yang putus, maka anda harus menyambungnya kembali atau ganti dengan yang baru. Sementara jika tombol starter kotor dan berkarat, maka anda harus membersihkannya dengan amplas halus.

3. Cek Relay Starter

Ketika anda memeriksanya, anda hubungkan dua kabel pada baterai yang membawa tanda plus (+) dan minus (-). Ketika kabel dikaitkan dan terdengar bunyi (cetak), maka baterai tersebut masih layak untuk digunakan. Namun jika tidak terdengar bunyi, maka baterai motor anda tengah mengalami kerusakan sehingga harus anda ganti dengan yang baru.

4. Cek Dinamo

Ketika anda mengalami masalah kerusakan starter motor, anda perlu untuk mengecek bagian dinamo. Cara mengeceknya, anda membutuhkan alat multimeter. Cara memperbaiki dinamo starter sepeda motor ini yaitu dengan probe (+) anda hubungkan pada kabel yang tersambung oleh motor starter dan probe (-) lewat massa. Lalu, coba anda nyalakan tombol starter sambil mengamati multimeternya apakah ada sinyal arus listrik yang mengalir atau tidak.

Jika ada arus listrik waktu pengetesan tersebut, maka hal tersebut menjadi penyebab matinya starter motor. Kerusakan starter motor ini disebabkan oleh sektor brus yang sudah aus atau bisa juga karena kumparan yang terputus. Untuk itu, anda perlu mengganti brush lama dengan yang baru. Sementara jika kumparannya (spull) terputus, anda alihkan ke tukang servis dinamo.

Itu tadi beberapa hal yang perlu anda cek untuk mengatasi starter motor yang rusak. Dari ulasan di atas, kita juga bisa menarik kesimpulan mengenai apa saja hal yang menyebabkan starter motor rusak. Langsung saja, berikut penyebab starter motor tidak berfungsi.

  • Kerusakan pada bagian baterai atau aki.
  • Relay starter atau bendik sudah tidak lagi berfungsi dengan normal
  • Kerusakan pada bagian dinamo.
  • Skring aki telah putus.
  • Kunci kontak rusak.
  • Tombol saklar starter tidak lagi berfungsi.
  • Otomat starternya telah rusak.
  • Cool starter sudah aus dan perlu diganti dengan yang baru.
  • Kerusakan pada bagian gigi starter.

Starter memiliki peranan yang amat penting dalam kendaraan, tak terkecuali motor. Untuk itu, anda harus segera mengatasinya. Namun sebelum anda mengatasinya, anda harus mengetahui penyebabnya. Sekian ulasan mengenai cara memperbaiki starter motor yang rusak mudah. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah kerusakan starter motor.

Gallery for Cara Memperbaiki Starter Motor yang Rusak Mudah Untuk Pemula

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan MudahCara Memperbaiki Starter Motor Rusak dengan Mudah