Cara Memperbaiki Kopling Sepeda Motor Berbagai Merk Dijamin Berhasil





Kopling sepeda motor memiliki peranan penting tersendiri. Kopling ini memilik fungsi khusus sebagai penghubung serta pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol. Umumnya, kopling ini berada diantara primer reduksi dan transmisi, sementara untuk tipe lain berada di poros engkol. Meski koling sangat jelas terlihat, namun seringkali juga mengalami permasalahan seperti slip.

Masalah ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara. Slip ini akan menyebabkan kurangnya tarikan tenaga dari mesin motor itu sendiri. Langkah paling tepat untuk anda lakukan ialah memperbaiki kopling tersebut. Jika anda telah memahami dunia otomotif, cara memperbaiki kopling yang slip tersebut tidaklah sulit.

Namun semua ini juga tergantung peralatan yang anda tentunya. Untuk lebih jelasnya, simak saja cara memperbaiki kopling sepeda motor berbagai merk dibawah ini. Akan sangat mudah untuk anda lakukan jika anda memperhatikan dengan teliti ulasan cara memperbaiki kopling motor ini.

Cara Perbaikan Kopling Sepeda Motor

Ketika anda mengalami efek per kopling lemah, anda harus segera memperbaiki kopling pada sepeda motor anda tersebut. Berikut ini adalah cara memperbaiki kopling sepeda motor berbagai merk sangat penting untuk anda perhatikan.

  1. Langkah pertama, atur jarak bebas tuas kopling motor anda terlebih dahulu.
  2. Apabila kerusakan kopling ternyata sudah anda pastikan bersumber dari dalam, maka buka blok mesin pada bagian kanan. Caranya yaitu dengan membuka semua baut yang mengunci.
  3. Sebelum anda benar-benar buka rangkaian kopling tersebut, anda harus ingat urutan rangkaian kopling motor yang dibongkar. Hal ini dilakukan supaya anda tak lupa untuk merangkainya kembali pada saat pemasangan.
  4. Jika terdapat salah satu bagian komponen kopling yang sudah aus, anda hanya perlu menggantinya dengan yang baru. Selanjutnya, anda rangkai seperti semula.

Ada banyak hal yang menyebabkan kopling motor mengalami slip. Jika anda membiarkannya tanpa adanya perbaikan sejak awal tentunya akan merusak komponen yang lainnya. Berikut ini adalah penyebab kopling selip pada sepeda motor yang perlu untuk anda cermati.





  • Oli mesin sudah jelek dan harus dilakukan penggantian.
  • Kanvas kopling sudah tak layak digunakan karena tipis.
  • Setelan tuas kopling motor terlalu rapat.
  • Per kopling telah melemah.
  • Rumah kopling mengalami keausan akibat gesekan.
  • Pada mangkok serta kanvas sproket keausan.
  • Plat kopling mengalami keausan.

Adapun kampas kopling motor lengket atau sudah habis memiliki ciri-ciri tertentu. Untuk anda masih bingung mengenali ciri-ciri kampas kopling habis, anda langsung saja simak beberapa gejala kampas kompling habis dibawah ini.

  • Putaran mesin tinggi.
  • Akselerasi mesin lemah.
  • Perpindahan gigi perseneling.
  • Slip kopling.
  • Tenaga mesin berkurang.
  • Starter ringan atau ngelos.

Sebagai tips untuk anda, apabila memasang kampas kopling baru, anda dapat basahi dulu kampas kopling tersebut menggunakan oli. Apabila kampas kopling tidak anda basahi dengan oli, maka ketika motor dihidupkan pertama kali, aliran oli untuk rumah kopling dapat membasahi kampas kopling seluruhnya.

Jika kampas kopling masih kering, maka akan terjadi gesekan yang nantinya dapat mengikis ketebalan kampas kopling meskipun hanya sedikit. Itulah berbagai penyebab dan bagaimana cara memperbaiki kopling sepeda motor berbagai merk yang mengalami kerusakan.

Anda dapat melakukannya dengan mudah. Untuk memperbaiknya tidak diharuskan untuk memiliki keahlian khusus, yang terpenting anda harus ingat ketika membongkarnya. Dengan begitu, anda akan lebih mudah saat pemasangannya. Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang cara memperbaiki kopling motor yang bermasalah. Semoga bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.





Tag : ciri ciri setingan kopling motor sudah tepatGambar mtr beat dragmemperbaiki kopling motor
Cara Memperbaiki Kopling Sepeda Motor Berbagai Merk Dijamin Berhasil | admin | 4.5
error: Content is protected !!