Kiat Cara Memperbaiki Aki Basah yang Rusak / Soak Dgn Mudah

14 views

Aki atau accu adalah salah satu jenis baterai yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik pada kendaraan, baik mobil maupun motor. Accu ini mempunyai daya tahan dengan jangka waktu pemakaian tertentu yang tergantung pada pemakaian serta perawatannya. Jenis aki itu sendiri ada 2, yakni aki kering dan aki basah. Dibandingkan dengan aki kering, jenis aki basah memerlukan perawatan lebih ekstra dan harus sering di cek ketinggian air akinya.

Apabila anda tidak rutin mengecek maupun melakukan perawatan aki, aki akan mengalami kerusakan. Ketika aki basah tersebut rusak, mau tidak mau anda harus segera memperbaikinya. Untuk mempermudah anda dalam memperbaiki aki basah tersebut, anda simak saja cara memperbaiki aki basah yang rusak mudah & benar berikut ini.

Cara Memperbaiki Aki Basah yang Rusak

Anda tidak perlu lagi bingung untuk memperbaiki aki basah yang rusak, berikut ini kami bagikan cara memperbaiki aki basah yang rusak mudah & benar selengkapnya untuk anda.

Bahan-bahan yang perlu anda siapkan adalah :

  1. Aki milik anda yang sudah lemah
  2. Tablet Bodrex (Ya betul, bodrex, dimanfaatkan untuk diambil bahan bakunya)
  3. Accu zuur (air aki yang di pakai pada waktu pertama kali penggunaan aki baru, bukan air aki yang untuk menambah volume air aki saat penggunaan).
  4. Air panas
  5.  Alat suntik atau bisa juga alat bantu apa saja yang penting bisa buat menakar air zuur.

Cara memperbaiki aki basah yang rusak parah ini menggunakan obat bodrex sebagai bahan utamanya.

  1. Siapkan aki basah yang soak atau sudah rusak sekalipun.
  2. Anda buka dan bersihkan semuanya, mulai dari cairan pada sel-sel aki basah maupun kotoran lainnya.
  3. Apabila sudah benar-benar bersih, mulailah anda memasukan air panas ke dalam sel yang sudah anda bersihkan tadi. Hal ini dilakukan supaya sel yang sudah mati dapat dibersihkan dan selanjutnya dibuang.
  4. Anda lakukan cara memasukan air ini sebanyak 2x atau hingga 4x. Yang pasti sampai air panas yang dibuang sudah terlihat cukup bersih.
  5. Setelah itu, keringkan aki. Biasanya membutuhkan waktu 3 jam sampai 1 hari sampai aki benar-benar kering.
  6. Jika anda sudah siap, anda hanya perlu masukkan saja air zuur (air aki) ke sel. Perlu diingat bahwa tiap lubang sel harus sudah anda masukkan obat bodrex yang sebelumnya sudah dihaluskan, tiap sel satu obat saja.
  7. Selanjutnya, diamkan aki selama 1 hari. Setelah itu, aki akan kembali sempurna dan siap digunakan lagi.

Itu tadi cara memperbaiki accu basah dengan bodrex. Selain cara tersebut, anda juga bisa memperbaiki aki basah menggunakan garam. Berikut cara memperbaiki aki basah dengan garam.

  1. Persiapkan cairan yang akan dimasukkan ke tiap lubang aki. Caranya dengan mencampurkan garam sebanyak satu sendok makan kedalam satu gelas akua, aduk sampai rata.
  2. Sebelumnya, anda keluarkan semua isi aki dan cuci aki dengan air biasa.
  3. Setelah bersih, suntik cairan garam tadi ke tiap lubang aki sampai 2 cm dari mulut lubang.
  4. Charger aki sekitar 10 menit. Lalu keluarkan air garam yang ada di aki tadi. Selanjutnya cuci aki kembali.
  5. Masukkan air zur (air aki) yang tutup botolnya merah sampai 2 cm dari mulut lubang.
  6. Charger aki sampai penuh.
  7. Lap aki hingga bersih.
  8. Selanjutnya, anda bisa memasang aki tersebut pada sepeda motor maupun mobil anda.

Cara ini mudah untuk dilakukan jika anda benar-benar cermat mengikuti langkahnya. Yang perlu untuk anda waspadai ialah ketika menyuntikkan cairan garam ke tiap lubang aki, biasanya akan terjadi suatu reaksi keluarnya gelembung udara.

Jangan anda hirup udara yang keluar dari tiap lubang pada aki tersebut. Biarkan saja dan lanjut ke langkah selanjutnya. Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki aki basah yang rusak mudah & benar untuk anda. Semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari cara memperbaiki aki basah.