Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan

Suzuki Satria FU adalah salah satu motor bebek yang hadir dalam desain menarik. Motor berteknologi canggih ini memiliki 4 katup dan 2 noken as. Tiap motor yang memiliki 4 langkah membutuhkan pemasangan gear timing yang tepat.

Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan Untuk anda yang bingung mengenai bagaimana pemasangan timing gear Satria FU tersebut, berikut kami bagikan info lengkap mengenai cara memasang timing gear/noken as Satria FU mudah dan cepat dilakukan.

Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan

Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU

Berikut ini adalah cara memasang timing gear/noken as Satria FU mudah selengkapnya untuk anda.

  • Memastikan bahwa piston dalam keadaan TMA (Titik Mati Atas). Anda dapat melihat lubang yang terdapat di sebelah kiri blok sehingga anda akan melihat huruf T di magnet.
  • Memasang noken as exhouse manifold maupun katup buang. Biasanya tersedia tanda EX pada badan noken As nya. Perhatikan bahwa noken As gear di noken as buang (ex) tersedia angka 1. Silahkan anda sesuaikan angka 1 tersebut pada bibir kepala silinder.
  • Pastikan pada bagian atas tersedia angka dua. Hal ini adalah patokan guna pemasangan dengan noken as masuk (in). Anda hitung mulai dari angka 2 di noken as ex hingga angka 3 pada noken as in.
  • Anda pasang sisanya. Tak butuh waktu lama, motor Satria FU milik anda bisa berpacu dengan normal kembali.

Pada ulasan di atas diketahui bahwa noken as terdiri dari noken as ex dan in. Untuk mengetahui perbedaannya, sebaiknya anda simak ulasan mengenai perbedaan noken as in dan ex Satria FU berikut ini.

Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan

  • Noken as in (masuk) terdapat tanda IN di bagian belakang gigi kem, sedangkan untuk noken as ex (buang) terdapat tanda EX yang juga terletak pada posisi yang sama.

Selain cara memasang timing gear/noken as Satria FU, kami juga bagikan info lengkap mengenai TOP motor Satria FU. Berikut adalah cara menentukan posisi TOP Satria FU yang benar.

  1. Memposisikan angka 2 pada noken as buang (ex) secara tegak lurus. Sedangkan untuk noken as masuk (in) mengambil angka 3.
  2. Apabila dihitung jarak mata rantainya, maka terdapat 16 mata. Dihitung dari angka 2 pada noken as buang sampai angka 3 pada noken as masuk.
  3. Cara mudah menentukan posisi TOP motor Satria FU yakni pada saat piston telah berada di posisi puncak, anda akan melihat tanda T pada bagian magnet.
  4. Anda posisikan saja kedua noken as tersebut menjadi sejajar dengan posisi penahan noken as.
  5. Setelah itu, anda pasang rantai keteng serta lepaskan tensioner. Hal ini dilakukan supaya rantai yang kendur menjadi kencang.
  6. Perhatikan dengan seksama bahwa tanda yang menjadi pedoman tadi masih tetap berada di posisi tersebut. Sebagai pedoman tambahan, kedua noken as akan berada pada posisi mengangkang. Dimana kedua puncak noken as akan saling berseberangan sehingga membentuk sudut tertentu.
  7. Anda telah berhasil menentukan posisi TOP Satria FU yg benar.

Pada dasarnya, cara memasang noken as motor Satria FU sangat mudah untuk dilakukan. Meski anda seorang pemula sekalipun, anda dapat dengan mudah memasang timing gear motor Satria FU tersebut. Asalkan anda mencermati ulasan di atas dan mempraktekkannya dengan hati-hati.

Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan

Sekian ulasan lengkap mengenai cara memasang timing gear/noken as Satria FU mudah. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk anda yang ingin memasang noken as motor Satria FU dengan tepat.



Tag : cara masang timing gear mobilkem buang terdapat tandaperbedaan noken as in dan ex satria futop timing satria fu 150
Cara Memasang Timing Gear/Noken As Satria FU Mudah Dipraktekkan | admin | 4.5
error: Content is protected !!