Cara Bore Up Motor Satria FU Menjadi 200cc Aman dan Kencang

10 views

Satria Fu merupakan motor unggulan dari Suzuki yang terkenal akan performa dan kecepatannya yang tangguh. Meski begitu, tak sedikit pengguna Satria Fu yang masih menginginkan performa yang lebih dari motor tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan ialah melakukan bore up Satria Fu supaya motor dapat melaju lebih kencang. Bore up itu sendiri berarti mengganti piston bawaan pabrik dengan piston berdiameter lebih besar.

Untuk Satria FU ini, anda dapat membore up mesin yang semula hanya 150 cc hingga mampu meningkat menjadi 200cc. Bagaimana caranya? Berikut akan kami bagikan ulasan mengenai cara bore up motor satria fu menjadi 200cc aman dan kencang untuk anda.

Cara Bore Up Satria FU Menjadi 200cc

Bagi anda yang telah memahami dunia otomotif tentunya sudah tak asing lagi dengan teknik bore up. Namun untuk orang awam tentunya belum mengetahui secara detail tentang teknik bore up tersebut. Untuk anda yang kebingungan dengan teknik bore up tersebut, langsung simak saja cara bore up motor satria fu menjadi 200cc aman dibawah ini.

  1. Piston bawaan pabrik anda lepas.
  2. Selanjutnya, anda ganti dengan piston 68 mm eliminator.
  3. Lakukan stroke up yang berarti menaikkan langkah piston. Cukup dengan 3 mm saja, maka langkah piston akan bertambah sepanjang 6 mm secara otomatis. Jadi, langkah piston standar Satria Fu yang awalnya 48,8 mm menjadi 54,8 mm. Kapasitasnya pun meningkat menjadi 198,9cc.

Untuk menunjang performa yang semakin tangguh, klep dan noken as juga perlu disesuaikan dengan Satria FU bore up 200cc harian di atas. Caranya sebagai berikut.

  1. Beli noken as baru atau dapat mengaturnya sendiri.
  2. Memastikan durasinya tepat di 260 derajat.
  3. Klep standar yang memiliki diameter 22 mm dan 19 mm perlu diganti dengan diameter 25 mm serta 22 mm.
  4. Penggunaan busi iridium serta CDI racing akan membuat sektor pengapian lebih optimal.

Selain bore up harian, anda juga dapat melakukan bore up Satria FU buat touring dengan meningkatkannya menjadi 228cc. Berikut caranya.

  1. Gunakan piston oversize 200.
  2. Linner berdiameter seher 67 mm.
  3. Tak perlu mengubah diameter pen piston, tetap 16 mm.
  4. Memampas bagian atas piston 1,5 mm supaya kompresi menjadi 12 : 1. “
  5. Tinggikan stroke. Caranya dengan geser big end sekitar 8 mm. Naik-turun, menjadi 16 mm. Stroke Satria FU yang awalnya 48,8 mm menjadi 64,8 mm.
  6. Klep isap menggunakan 25 mm dan klep buangnya 22 mm.
  7. Klep menggunakan Bajaj Pulsar 180 cc. Ukuran diameter batangnya tetap 4,5 mm.
  8. Untuk pengapian, terapkan CDI racing berlabel CMS. Namun koilnya tetap standar.
  9. Gunakan knalpot free flow DBS.

Sebagai tips untuk anda yang ingin mudik, anda dapat melakukan bore up Satria FU piston Tiger. Dengan melakukan teknik ini, motor anda akan lebih bertenaga. Cara bore up motor Satria FU piston Tiger ini sama seperti halnya langkah-langkah di atas.

Demikianlah ulasan mengenai cara bore up motor Satria FU menjadi 200cc aman dan kencang selengkapnya untuk anda. Cara bore up ini mudah dilakukan, asalkan anda benar-benar menyimaknya dengan teliti. Alat maupun bahan yang diperlukan pun mudah didapat.

Setelah anda berhasil melakukan bore up ini, motor Satria FU anda akan melaju semakin kencang. Selain itu, performa motor Satria FU anda juga akan semakin tangguh. Motor akan semakin bertenaga. Anda pun dapat melakukan bore up untuk touring dan mudik. Semoga bermanfaat untuk anda yang menginginkan motornya melaju lebih kencang.

Gallery for Cara Bore Up Motor Satria FU Menjadi 200cc Aman dan Kencang