5 Langkah Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak Mudah Dilakukan

Dalam sebuah kendaraan, aki memiliki peranan yang amat penting. Aki terdiri dari dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. Dibandingkan dengan aki basah, aki kering dinilai jauh lebih efisien. Aki kering (MF) merupakan aki yang bebas dalam hal perawatan.

Dengan begitu, anda tidak perlu takut akan kehabisan air aki selama pemakaian. Aki itu sendiri adalah sumber listrik pada kendaraan yang meliputi double starter, lampu sein, klakson, dan lain sebagainya. Jika aki anda melemah, maka semua komponen yang berkaitan dengan kelistrikan tidak dapat bekerja secara maksimal.

Maka dari itu, anda harus segera memperbaikinya dengan tepat dan cepat. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami bagikan 5 cara memperbaiki aki kering yang rusak mudah dilakukan.

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Pada dasarnya, cara memperbaiki aki kering yang lemah tidak jauh berbeda dengan cara memperbaiki aki basah. Pasalnya, kedua jenis aki tersebut memiliki fungsi yang sama pada sebuah kendaraan. Langsung saja simak 5 cara memperbaiki aki kering yang rusak mudah dibawah ini.

1. Keluarkan Aki

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki aki kering yang rusak tersebut ialah mengeluarkan aki dari dalam kendaraan. Setelah itu, anda bersihkan kotoran seperti debu atau kerak yang telah lama menempel pada bagian aki tersebut. Ketika membersihkannya, anda jangan hanya menggunakan kain lap saja. Untuk mempermudah pembersihan aki, anda sebaiknya juga menggunakan air hangat.

2. Buka Cover

Jika anda telah selesai membersihkan bagian luar aki, selanjutnya anda buka cover aki tersebut. Cara membuka cover aki ini bisa menggunakan obeng (-). Lakukan dengan hati-hati supaya aki tidak tambah rusak. Jika anda sudah berhasil membuka tutup aki dengan obeng (-) tersebut, selanjutnya anda cari tutup kecil di dalam bagian aki. Tutup kecil tersebut terbuat dari karet bulat. Dalam aki biasanya ada 3 buah tutup dan jika untuk aki berukuran lebih besar dengan ampere yang besar.

3. Air Aki

Siapkan air aki terlebih dahulu. Selanjutnya, anda ambil air aki tersebut untuk digunakan pada aki kering. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyuntikkan air aki ke dalam tiap lubang aki secara perlahan. Pengisiannya jangan terlalu penuh. Anda perkirakan ada jarak sekitar 1 cm dari tutup lubang aki.

4. Tutup Cover

Jika anda telah selesai mengisi air aki ke lubang-lubang aki, maka anda tutup kembali cover yang ada di atas aki. Anda pun juga dapat melakukannya dengan menggunakan lem plastik. Cara ini dilakukan jika anda masih ragu apakah tutup aki anda benar-benar rapi dan tidak. Pasalnya, jika tutup aki kurang rapi, maka akan mengalami kebocoran ataupun rembesan. Untuk itu, anda bisa menggunakan lem plastik agar lebih kencang.

5. Penghubungan Aki

Cara memperbaiki aki kering yang mati total yang terakhir ialah melakukan proses pengisian dengan menghubungkan aki  dengan aki lainnya yang masih hidup. Selain di charger, anda juga dapat melakukannya dengan trafo cas.

Ada banyak hal yang menyebabkan aki mudah soak, salah satunya ialah tidak rutin memanaskan mesin dalam jangka waktu tertentu. Untuk itu, pastikan anda selalu memanaskan mesin kurang lebih sekitar 5-10 menit tiap harinya.

Demikian ulasan mengenai 5 cara memperbaiki aki kering yang rusak mudah dilakukan selengkapnya untuk anda. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda yang sedang mengalami masalah aki kering yang rusak.



Tag : photo tutup aki patah
5 Langkah Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak Mudah Dilakukan | admin | 4.5
error: Content is protected !!